Sejarah Dari Iblis Behemoth

Sejarah Dari Iblis Behemoth – Behemoth (Ibrani בהמות, behemoth (modern: behemot)) adalah binatang buas mitologis yang disebutkan dalam Ayub 40: 15-24. Secara metaforis, nama itu digunakan untuk entitas yang sangat besar atau kuat.
Dalam demonologi abad pertengahan, Behemoth (“beberapa binatang”) adalah iblis nokturnal yang mengumbar dan memegang pangkat pengurus gudang anggur, pengagum besar dari keluarga kerajaan, dan penjaga kanan. Dia mengawasi pesta Jinnestan dan bertanggung jawab untuk melayani iblis makanan dan anggur. Dia juga menghibur dengan lagu dan musik.

Digambarkan sebagai gajah raksasa dengan kaki seperti beruang, ia juga bisa tampak seperti buaya, kuda nil, dan paus. Dia cukup bodoh dan satu-satunya masalah adalah makan. Legenda memberi tahu kita bahwa dia pada awalnya diciptakan oleh Tuhan untuk membantu menstabilkan dunia, meletakkannya di punggungnya, dia melayang di air, dikelilingi oleh kegelapan kosmik. Di dalam dadanya ada gurun tak terlihat bernama Dundayin.

Terkait dengan Leviathan, ketika Behemoth berhadapan dengan manusia, ia menciptakan kekacauan dalam hidup mereka. Dia bisa berubah bentuk menjadi kucing, anjing, rubah, dan serigala.

Menurut tradisi Yahudi, hanya pencipta Behemoth yang dapat menghancurkannya; dalam hal ini, hanya Yehuwa yang dapat menghancurkan Behemoth. Pada Hari Penghakiman, ia akan dibunuh oleh ikan paus dan tubuhnya akan menyediakan pesta untuk Perayaan Hari-hari Terakhir dan Tuhan akan membagikan daging kepada para pengikutnya.

Entitas ini sering dipanggil selama pengusiran setan dan kasus-kasus kepemilikan kolektif; dia adalah salah satu dari delapan belas setan yang memiliki Suster Jeanne des Anges di Loudun, Prancis, pada tahun 1634.

Etimologi

Kata itu kemungkinan besar merupakan bentuk jamak dari bəhēmāh, merujuk pada bahasa Ibrani kepada binatang buas yang digunakan untuk manusia atau hewan bodoh. Akan tetapi, ini digunakan di sini sebagai satu kesatuan. Ini bisa menjadi contoh pluralis excellentiae, metode Ibrani untuk mengekspresikan kebesaran dengan menjernihkan kata benda; dengan demikian menunjukkan bahwa Behemoth adalah hewan terbesar dan paling kuat. Secara metaforis, nama itu digunakan untuk entitas yang sangat besar atau kuat.

Keluarga

Raksasa bahasa Ibrani kadang-kadang disamakan dengan Hadhayosh Persia, seperti Leviathan dengan Kar dan Ziz dengan Simurgh. Raksasa Arab dikenal dengan nama Bahamut.

Deskripsi

Behemoth diciptakan bersama dengan manusia (40: 15a), herbivora (40: 15b), memiliki otot dan tulang yang kuat, dan hidup di rawa (40:21). Dalam kepercayaan Yahudi, Behemoth adalah monster utama yang tak terkalahkan di daratan, karena Leviathan adalah monster utama di perairan laut dan Ziz adalah monster primordial di langit. Entah itu digambarkan sebagai kuda nil besar atau makhluk seperti naga.

Behemoth dan Leviathan

Ada legenda bahwa Leviathan dan Behemoth akan mengadakan pertempuran di ujung dunia. Keduanya akhirnya akan saling membunuh, dan orang-orang yang selamat akan makan daging mereka. Menurut tradisi rekaman midrash, tidak mungkin bagi siapa pun untuk membunuh raksasa kecuali bagi orang yang menciptakannya, dalam hal ini Dewa orang Ibrani. Tradisi haggadik Yahudi kemudian menyatakan bahwa pada jamuan makan di ujung dunia, raksasa akan dilayani bersama dengan Leviathan dan Ziz.
Ada himne Yahudi lain yang dibacakan di festival Shavuot (merayakan pemberian Taurat), yang dikenal sebagai Akdamut, di mana dikatakan: … Olahraga dengan Leviathan dan lembu (Behemoth) … Ketika mereka akan saling berhubungan dengan satu sama lain dan terlibat dalam pertempuran, dengan tanduknya Behemoth akan menanduk dengan kekuatan, ikan [Leviathan] akan melompat untuk menemuinya dengan siripnya, dengan kekuatan. Pencipta mereka akan mendekati mereka dengan pedang yang perkasa [dan membunuh mereka berdua]

Beberapa komentator kerabian mengatakan bahwa kisah-kisah ini alegoris (Artscroll siddur, p. 719), atau simbolis dari akhir konflik.

Sejarah

Dalam Perjanjian Lama, deskripsi yang paling awal ada dalam Kitab Ayub, yang menggambarkan Behemoth sebagai berikut: 15 Lihatlah sekarang raksasa, yang saya buat denganmu; dia memakan rumput seperti lembu. 16Lalu sekarang, kekuatannya ada di pinggangnya, dan kekuatannya ada di pusar perutnya. 17Dia menggerakkan ekornya seperti pohon aras: otot-otot pahanya bersatu. 18 Tulang-tulangnya seperti tembaga yang kuat; tulang-tulangnya seperti batangan besi. 19Dia adalah kepala jalan Allah: dia yang membuatnya dapat membuat pedangnya untuk mendekat [kepadanya]. 20Pasti gunung-gunung mengeluarkannya makanan, tempat semua binatang buas bermain. 21Dia berbaring di bawah pohon-pohon rindang, di balik buluh, dan Fen. 22Tumbuhan rindang menutupi dia dengan bayang-bayangnya; pohon willow dari kompas tentang dia. 23 Lihatlah, dia minum dari sungai, [dan] tidak terburu-buru: dia percaya bahwa dia dapat menarik Jordan ke dalam mulutnya. 24 Ia mengambilnya dengan matanya: hidungnya menembus lubang jerat. Dikatakan juga (Kitab Ayub, pasal 40) bahwa para rabi membuatnya menjadi pemanggang yang enak di festival Mesias mereka karena ia dapat memakan jerami sebanyak mungkin. daging sapi. Mereka membuat daging panggang cukup besar sehingga Behemoth harus melahap jerami seribu gunung sehari, yang telah dia makan sejak awal dunia. Dia tidak pernah meninggalkan gunung ini, karena jika dia melakukannya, waktu akan terganggu. Para rabi juga mengklaim bahwa Tuhan membunuh betina dari spesies tersebut sehingga mereka tidak akan pernah bisa bereproduksi.